BIOLET

Toilet yang Sehat dan Ideal - Seperti apa?

8 Agustus 2022

Toilet yang sehat itu sangat penting, karena setiap hari kita semua pasti perlu menggunakan toilet – baik untuk buang air kecil maupun buang air besar.

Oleh karena itu keberadaan toilet sangat penting, tidak hanya di rumah, tapi juga di kantor, sekolah, restoran, dan di tempat-tempat umum lainnya, seperti mal dan pasar.

Namun, sayangnya kebanyakan toilet di tempat umum kurang terjaga kebersihannya, berapa kali anda sendiri menemui toilet umum yang kotor, jorok, dan berbau tidak sedap?

Ketua Umum Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), Naning Adiwoso, juga membenarkan hal ini. Menurutnya banyak toilet umum kondisinya tidak layak dan sanitasinya sangat buruk.

“Masih banyak yang kurang sadar akan pentingnya toilet bersih. Padahal toilet penyebar kuman penyakit. Toilet tak hanya harus bersih, tapi higienis,” ujar Naning dilansir dari Kompas.

Bersih pangkal sehat – maka toilet yang kotor ini bisa menjadi pangkal atau sumber dari berbagai penyakit untuk manusia.

Oleh karena itu, ATI sendiri juga memiliki standar pembangunan toilet yang sehat dan ideal.

Seperti apa kriteria dari Toilet sehat dan ideal?

Air Bersih

Air bersih sangat penting dan merupakan hal utama yang harus tersedia di toilet.

Di banyak toilet umum, seringkali tidak ada fasilitas air mengalir, sehingga akibatnya toilet menjadi kotor dan bau pesing karena tidak disiram.

Selain berbau tidak sedap, banyak bakteri buruk akan berkembang biak dalam kondisi seperti ini, dan menjadi sarang berbagai macam penyakit.

Cukup Udara dan Cahaya

Rata-rata kebanyakan toilet di Indonesia kurang baik ventilasi dan pencahayaannya, baik toilet rumahan maupun toilet umum.

Tanpa ventilasi, banyak toilet memiliki kondisi udara yang lembab, dan jika ditambah dengan kurangnya cahaya, ini bisa membuat jamur tumbuh subur di toilet.

Tempat Sampah

Tempat sampah juga penting keberadaannya terutama untuk toilet umum.

Ini agar para pemakai toilet dapat membuang sampah mereka ke tempat yang benar, dan menghindarkan mereka membuang sampah ke lubang toilet.

Sampah plastik, kertas, tisu, hingga pembalut wanita – barang-barang ini sering menjadi penyebab tersumbatnya saluran pembuangan toilet.

Jika sudah tersumbat, toilet tidak akan bisa disiram dan ini akan membuat toilet kotor, bau, dan tidak lagi higienis.

Tempat cuci tangan

Toilet, terutama di tempat umum, perlu menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun. 

Perilaku cuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet perlu dibiasakan, untuk menghilangkan kuman dan bakteri di tangan.

Sejak pandemi, banyak orang saat ini sudah lebih sering dan terbiasa cuci tangan, dan ini sebenarnya juga adalah langkah yang baik untuk menjaga kesehatan.

Hemat Air

Saat ini, total air bersih yang ada di bumi jumlahnya hanya sekitar 3 persen saja, jika tidak digunakan dengan baik dan efisien, manusia dapat kekurangan air bersih.

Oleh karena itu, penggunaan sistem toilet yang hemat air juga sangat penting.

Penggunaan bak mandi dalam toilet sebenarnya membuat pemakaian air jadi boros.

Pakai washlet atau jet shower akan membuat pemakaian air lebih hemat daripada bak mandi, selain itu, ini akan membantu menjaga kondisi toilet lebih kering dan bersih.

Kondisi Saluran dan Septic Tank

Selain tampilan luar toilet, kinerja saluran dan septic tank juga penting untuk diberi perhatian.

Karena tingkat penggunaan toilet yang tinggi atau usia pemakaian, bisa jadi kinerja septic tank jadi melambat karena kurangnya bakteri pengurai yang berfungsi untuk mengolah limbah.

Maka penyedotan septic tank secara berkala perlu dilakukan, dan tidak kalah penting juga adalah perawatan dengan menggunakan cairan pengurai limbah, seperti Biolet.

Biolet dapat membantu kerja bakteri pengurai septic tank dengan lebih optimal, sehingga penyedotan tidak perlu sering-sering dilakukan.

Sehingga pada akhirnya, kesehatan toilet baik dari luar maupun dalam dapat dicapai dengan ideal.

Artikel Terbaru

Mengenal 5 Ciri WC Sehat dan Bersih

Cara Meracik Soda Api Untuk Mengatasi WC Mampet

Cara Menghilangkan Bau WC Mampet

1 2 3

Produk Kami

Toilet anda bau?

Septic Tank Penuh?

Khawatir dengan kuman?

Biolet Solusinya!