BIOLET

Flush Toilet tidak lancar? Begini cara atasinya!

8 Agustus 2022

Apakah toilet anda di rumah atau kantor sulit di-flush? Pasti tidak nyaman menggunakan toilet dengan flush yang lambat atau bahkan tersendat.

Efeknya, toilet bisa jadi kotor dan berbau tidak sedap karena fungsi flush-nya tidak berjalan dengan baik.

Apa penyebab flush toilet lambat dan tersendat?
Bagaimana cara mengatasinya? 

Berikut 3 kemungkinan penyebab flush toilet lambat dan tersendat, serta cara mengatasinya:

Aliran air lemah

Biasanya, penyebab yang paling umum dari flush toilet yang lambat, adalah aliran air yang lemah, sehingga memperlambat pengisian tangki air flush nya.

Tangki air flush toilet butuh volume air yang cukup agar bisa memberikan tekanan penuh saat proses flush, sehingga bisa memindahkan isi mangkuk toilet ke saluran pembuangan.

Kalau aliran air ke tangki toiletnya lemah, dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengisinya, dan jika digunakan sebelum volume airnya penuh, flush toilet anda akan jadi lemah dan lambat.

Untuk mengatasinya, segera periksa saluran air toilet anda, apakah ada hambatan yang menghalangi aliran airnya, atau memang ternyata aliran air dari sumbernya sedang lemah.

Katup Flush Rusak

Rakitan mekanisme flush dalam toilet anda biasanya terdiri dari tabung luapan, tuas, rantai, flapper, dan bukaan katup flush di bagian dasar tangki air.

Saat tuas atau tombol flush ditekan, rantai di dalamnya akan menarik flapper dan membuka katup flush, melepaskan air dari tangki ke dalam mangkuk toilet.

Jika ada masalah atau kerusakan dari salah satu komponen flush ini, seperti rantai yang putus atau katup flush yang tersangkut, aliran air ke dalam mangkuk toilet mungkin akan jadi terhambat dan lemah.

Maka untuk mengatasinya, periksa rakitan katup flush toilet anda untuk memastikan adanya kerusakan di antara komponen-komponennya.

Saluran Air Tersumbat

Masalah flush toilet bisa juga terjadi karena saluran air yang tersumbat.

Barang-barang seperti mainan anak, tisu, pembalut, plastik, dan barang-barang lainnya dapat tersangkut dan menyumbat saluran air pembuangan toilet anda.

Alhasil, toilet jadi tidak bisa disiram dan airnya meluber saat di flush.

Untuk mengatasinya, segera hubungi tukang ledeng untuk membersihkan sumbatan dan melancarkan kembali aliran saluran pembuangan toilet anda.

Selain itu, seringkali saluran air toilet dapat tersumbat juga oleh pembentukan kerak pada dinding saluran pembuangan, akibat dari mineral dan kotoran yang terbawa oleh air.

Ini masalah yang sering kali tidak disadari, padahal sumber masalah dan penanganannya cukup sederhana.

Untuk mengatasi hal ini, ada yang menggunakan cairan keras untuk meluruhkan kerak kotoran tersebut dari dinding saluran air.

Namun, perlu sangat berhati-hati dalam menggunakan cara ini, karena jika bersentuhan langsung dengan kulit, cairan keras ini dapat langsung melukai kulit anda.

Ada solusi yang lebih aman digunakan, yaitu Biolet, cairan pengurai limbah yang sama efektifnya tapi lebih aman digunakan untuk membersihkan saluran pembuangan toilet anda, karena terbuat dari bahan-bahan alami.

Penggunaan Biolet juga cukup sederhana, cukup dituang langsung tanpa perlu bahan campuran lagi, sehingga merawat kebersihan dan kelancaran flush toilet anda jadi jauh lebih mudah.

Artikel Terbaru

Mengenal 5 Ciri WC Sehat dan Bersih

Cara Meracik Soda Api Untuk Mengatasi WC Mampet

Cara Menghilangkan Bau WC Mampet

1 2 3

Produk Kami

Toilet anda bau?

Septic Tank Penuh?

Khawatir dengan kuman?

Biolet Solusinya!