INFO BIOTRENT

 

Penyakit Daun Kuning pada Pepaya Kalifornia

Saat ini, bisnis pertanian Pepaya Kalifornia merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan. Harga jual buah pepaya Kalifornia  di tingkat petani kepada pedagang pengumpul mencapai Rp3.500 per kg, sementara  satu pokok pepaya berpotensi menghasilkan buah hingga 100 kg bahkan lebih selama satu periode musim tanam yang lamanya kurang lebih 2 tahun. Itu artinya potensi penghasilan kotor produksi buah per pokoknya adalah Rp350.000. Populasi tanaman pepaya untuk lahan seluas satu hektar (10.000 m2) dengan jarak tanam sekitar 2,5 m x 3 m mencapai 1.333  pokok, sehingga potensi penghasilan kotor sebelum dikurangi biaya-biaya produksi per hektarnya adalah Rp466.000.000 bahkan lebih. Tentu hasil ini sangat menguntungkan walaupun masih harus dikurangi sejumlah biaya -biaya produksi seperti sewa lahan selama 2 tahun, pengolahan, pembelian bibit, pembelian pupuk,  pembelian pestisida, ZPT, enzim, upah tenaga kerja dan lainnya. 
 
Gambar pepaya tanpa Bio-Trent
Harus dipahami bahwa harga komoditas pertanian pada umumnya mengikuti  prinsip ekonomi yaitu harga tercipta karena adanya keseimbangan antara jumlah penawaran (buah yang dijual) dengan jumlah  permintaan (buah yang  dibeli). Dalam  prinsip ini berlaku sebuah kondisi dimana harga akan semakin tinggi (mahal) bila jumlah produksi (penawaran) lebih kecil daripada jumlah permintaan, tapi sebaliknya harga akan semakin  turun (murah) bila jumlah produksi (penawaran)  lebih tinggi dari jumlah permintaan pasar (kebutuhan konsumsi )
Oleh karena itu muncul sebuah pertanyaan, mengapa harga Pepaya Kalifornia saat ini tergolong  mahal?. Hal ini diakibatkan karena produksi buah pepaya dari petani lebih sedikit dibandingkan dengan permintaan (kebutuhan pasar). Akan tetapi, mengapa produksi petani pepaya terbilang rendah padahal jumlah petani pepaya cukup banyak dan lahan juga cukup luas? Ternyata, pada umumnya petani pepaya kalifornia mengalami gagal panen karena diserang  penyakit kuning daun sehingga total produksi per satuan luas lahan sangat rendah. Produksi pepaya yang rendah ini juga dipicu oleh cuaca ekstrim seperti kemarau panjang yang menyebabkan tertundanya kemunculan bunga yang akan menjadi buah
Apa faktor penyebab penyakit  daun menguning yang mematikan bagi tanaman pepaya ini? Ada beberapa penyebab yang telah berhasil diidentifikasi oleh para ahli diantaranya genangan air, serangan jamur fusarium sp. serangan bakteri erwinia, serangan virus ring spot, serangan jamur sercosfora, bercak daun, bercak buah, kutu daun, hama putih dan lainnya. Penyakit utama yang paling ditakuti petani adalah serangan bakteri erwinia dan jamur fusarium, karena penyakit ini pada tahap awal tidak terlihat secara kasat mata namun penyakit ini bisa menimbulkan kerusakan seperti daun menguning dan busuk. Gejalanya baru terlihat jelas setelah stadium serangan sudah mencapai tahap akhir dan sulit dikendalikan. Berikut ini kami tuliskan secara lengkap pengalaman Bapak Giok Ginting dari kebun pepaya miliknya.